8 Daftar Game RPG RTS Terbaik Sepanjang Sejarah

Game, bagi masayarakat Indonesia bukan hanya untuk hiburan semata, namun untuk saat ini sudah merupakan bagian dari kehidupan bahkan kebutuhan masyarakat untuk sekedar refreshing, di sisi lain banyak manfaat dari game apalagi yang emngandung edukasi, jadi sangat berguna bagi masyarakat saat ini yang ingin melatih otak dengan cara bermain game. Dulu permainan dimainkan di dunia nyata saat teknologi belum maju pesat seperti saat ini, namun seiring berkembangnya teknologi, banyak game yang bisa dimainkan tanpa mengeluarkan banyak tenaga atau biaya, bukan seperti dulu yang memainkan permainan tradisional yang banyak membutuh kan tenaga seperti petak umpet dan yang lainnya. Nah, sebelum memebahas game yang telah berkembang saat ini, kita akan membahas terlebih dahulu jenis video game berdasarkan media yang digunakan dan berdasarkan aliran nya :



Alat yang digunakan :
1.       PC games : video game yang dimainkan di Personal Computer atau Laptop.
2.       Console games : yaitu alat untuk memainkan video game yang dihubungkan ke monitor biasanya monitor TV sebagai tampilan atau outputnya. jenis console game seperti Nintendo Wii, Sega, Playstation, X Box dsb.
3.       Hendheld games : Game yang dimainkan pada console portable  (bisa dibawa kemana-mana) contohnya PSP, nintendo DS, dsb.
4.       Mobile games : Game yang dimainkan di handphone atau PDA
Jenis alirann nya :
  1. RPG (Role Playing Game) : sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contohnya Final Fantasy, Ragnarok, dsb.
  2. RTS (Real TIme Strategy) : suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. Contohnya : Age of Empire, Command n Conquer, Stronghold, Warcraft, dsb.
  3. FPS (First Person Shooter) : Jenis permainan dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan.
  4. Action games : Permainan yang banyak adegan fisik atau kekerasan.
  5. Simulation games : Video games yang menggambarkan kehidupan seperti biasa. game ini banyak jenisnya seperti Life Simulation Games contohnya the sims dan ada juga yang mengendarai suatu kendaraan seperti flight simulator, trains simulator, bis simulator dsb.
Game tersebut memiliki sejarah yang sangat panjang hingga sampai berkembang seperti itu, Ini adalah gambaran perkembangan teknologi game dari masa ke masa :
1.       Pada sekitar tahun 1952 A.S Douglas mencetuskan permainan grafis pertama , versi TIC-TAC-TOE. Game ini diproses pada computer ‘EDSAC Vaccuum-Tube’.
2.       Permainan game yang mudah dikenal dengan sebutan ‘Era 8 Bit’. Nah, pada sekitar 1970 game masa ini menggunakan kemajuan teknologi CPU. Game ini terdiri dari komponen mikro prosesor, game tersebut dimasukkan pada kepingan ROM yang tertempel dalam wadah plastik cartridge yang dapat dimasukkan kedalam slot konsol.
3.       Generasi ketiga ini dimulai pada tahun 1983 oleh negara Jepang dengan melalui peluncuran yang banyak dikenal dengan sebutan NES, dengan salah satu game yang tekenal yaitu Mario Bros.
4.       Generasi ini dimulai pada tahun 1987 pada tangal 30 Oktober, dengan rilisan awal yaitu NEC PC Engine, teteapi walaupun NEC telah dirilis sebagai yang pertama pada generasi ini.
5.       Generasi ini lebih dikenal sebagai era 32 Bit, generasi ini berlangsung sekitar tahun 1993 sampai dengan tahun 2002 lalu dan didominasi oleh 3 konsol, yaitu Sega Saturn (1994), Sony PlayStation (1994), dan yang terakhir Nintendo 64 (1996)
6.       Pada generasi ini terdapat 4 konsol terkenal yang populer yaitu, Sega Dreamcast, PlayStation 2, Nintendo Game Cube, dan X Box. Dimulai pada tahun 1998 dan tepatnya pada tanggal 27 November. Selanjutnya dikeluarkannya console PlayStation 2 saat Maret 2000. Sedangkan untuk console Gamecube dan X Box mulai dipasarkan sekitar bulan September dan November. Game pun sudah dikemas kedalam bentuk DVD, kecuali Sega Dreamcast yang menggunakan GD-Rom.
7.       Generasi yang terbaru ini tiap konsol dilengkapi dengan sistem online, seluruh konsol tersebut memiliki fasilitas “Broadband-Ready”.

 Sekian sejarah game dari awal sampai saat ini, mohon maaf apabila ada kesalahan fakta, terimakasih
Tag : tekno
0 Komentar untuk "8 Daftar Game RPG RTS Terbaik Sepanjang Sejarah"

Back To Top